11/10/18

Ada apa dengan Toyota Hiace ? Bagaimana dengan Isuzu Elf ?

Elf Short DS Rentcar

Toyota Hiace DS Rentcar

Elf Long DS Rentcar
Tahukah Anda tentang noda transportasi yang mempunyai kapasitas tempat duduk yang lumayan banyak yang  digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta ?
Tahukah Anda tentang armada yang banyak dimanfaatkan dan dijual oleh sebagian besar pengusaha sewa mobil atau rental mobil di tanah air ?
Tahukah Anda, kendaraan bermotor yang dimanfaatkan sebagian masyarakat yang mempunyai anggota keluarga diatas 10 orang untuk keperluan wisata dan acara keluarga ?

Beberapa pertanyaan diatas mungkin dari kita sudah mempunyai jawaban, kira-kira apa noda transportasi/armada/kendaraan bermotor tersebut. Kalau dilihat di lingkungan keseharian kita jawabannya tidak akan jauh dari kendaraan bermotor yang sering kita lihat yang mempunyai tempat duduk yang banyak, yaitu Toyota Hiace yang sedang naik daun dan Isuzu Elf yang pasti sudah banyak orang mengetahuinya.

Toyota Hiace merupakan mobil yang secara khusus di peruntukkan untuk kendaraan komersial penumpang sehingga jenis chasis yang digunakan merupakan chasis khusus bukan seperti yang digunakan pada chasis Truk. Di kalangan pengusaha rental mobil atau persewaan mobil, mobil ini menjadi andalan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan. Dengan menggunakan konsep MVP, mobil Toyota Hiace ini memiliki tampilan body setara dengan mini bus pada umumnya, namun mobil ini telah menawarkan kabin panjang dengan tersedianya fasilitas pintu geser yang akan mempermudah keluar masuk mobil ini.Jika dibandingkan dengan mobil pada umumnya, Kelebihan Toyota Hiace ini hadir pada sektor kapasitas tempat duduknya. Jika mobil umum maksimal hanya memiliki maksimal penmumpang 7 orang, namun jika Toyota Hiace ini mampu menampung 8 hingga 9 penumpang dengan tidak mengurangi kenyamanan yang diberikan. Bahkan sebagian besar pengusaha rental mobil merubah tempat duduknya menjadi semakin banyak, sehingga bisa menampung 15 penumpang.

  

Kelebihan Toyota Hiace lainya yaitu menggunakan mesin dengan seri D-4D yang memiliki kapasitas mesin 2500 cc atau 2,5 Liter dengan 4 silinder segaris dan 16 katup. Tidak ketinggalan juga teknologi DOHC yang di klaim lebih baik dari pada SOHC. Untuk mesin dari Toyota hiace ini sendiri mampu mencapai torsi maksimum hingga 300 Nm pada putaran 1200 Rpm dan daya maksimum 102 Ps dalam putran 3600 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar mobil ini mampu menampung 70 liter bahan bakar dan system common rail pada suplay pembakaran nya di klaim mampu membuat efisiensi pemakaian bahan bakar. Yang lebih kerennya lagi mesin mobil Toyota hiace ini sama dengan Mobil Fortuner bertipe solar yang sudah di kenal dengan ketangguhannya. Kelebihan berikutnya adalah suspensi dan kaki-kaki dari mobil hiace ini sangat bisa di andalkan di bandingkan dengan kendaraan komersial lainnya. Dengan jarak pijak roda yang lebar dan suspensi yang telah teruji dengan baik, kendaraan ini sangat nyaman di kendarai dan serasa kita menaiki mobil pribadi tidak terasanya gonjangan yang besar setiap kali melindas lubang. Kemampuan suspensi mobil ini di dapat dari teknologi tipe Double wishbone untuk bagian dengan dan Leaf Sping Riqid Axel pada bagian belakangnya.
(https://www.toyota.astra.co.id/toyota-connect/news/kelebihan-mobil-toyota-hiace)

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Toyota Hiace tersebut menjadi pilihan utama bagi pengusaha rental mobil menjadikan mobil ini sebagai ujung tombak usahanya.

Lalau bagaimana dengan mobil Isuzu Elf yang sudah melegenda sebagai kendaraan yang lebih dahulu dijadikan pilihan utama bagi para pengusaha rental mobil ?

Hampir semua orang sudah mengenal microbus Isuzu Elf yang merupakan salah satu jenis mobil yang diluncurkan pabrikan mobil asal Jepang, Isuzu. Banyak orang mendeskripsikan jenis mobil ini sebagai mobil yang biasanya digunakan sebagai sarana transportasi dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak. Hal ini memang tidak mengherankan karena dalam seri mobil tersebut terdapat jenis microbus dengan kapasitas penumpang lebih dari 7 orang yang seringkali digunakan untuk standar mobil keluarga. Yang mana jenis mobil ini nyatanya mampu meraih penjualan yang cukup besar di pasaran di Indonesia ataupun di beberapa negara lainnya.
 


Beberapa kelebihan yang ditawarkan microbus dari Isuzu ini antara lain irit dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini pastinya bis menekan biaya yang dibutuhkan saat berkendara. Tak hanya itu, microbus ini juga memiliki suspensi yang lembut dan halus sehingga jenis kendaraan ini cukup nyaman untuk digunakan. Serta, microbus tersebut memiliki harga spare part yang relatif cukup terjangkau. Sedangkan sisi kekurangan sebenarnya lebih sedikit dibandingkan kelebihannya yaitu kurang cocok untuk dikendarai pada medan yang sulit serta memiliki suara yang cukup bising ketika dijalankan.

Akhir-akhir ini, Isuzu Elf dikenal mempunyai dua varian yaitu Isuzu Elf Short dan Isuzu Elf  Long yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan karoseri. Perbedaannya adalah terletak pada panjang body yang berakibat pada jumlah tempat duduk penumpang. Isuzu Elf  Short biasanya mempunyai tempat duduk penumpang maksimal 15 orang. Sedangkan Isuzu Elf Long yang mempunyai body lebih panjang, mempunyai tempat duduk penumpang sejumlah 18 orang.

Sekarang….

Bagiaman menurut Anda ….

Salam dari DS Rentcar Surabaya (www.ds-rentcar.co.id)